Lengkuas Singkirkan Panu

lengkuas

Meski bukan tergolong penyakit berat, kehadiran panu sangat mengganggu penampilan. Penyakit kulit yang disebabkan oleh cendawan Pityriasis versicolor tersebut memiliki gejala khas seperti munculnya bercak-bercak putih yang bila diraba terasa permukaannya kasar dan ditimpali oleh rasa gatal. Bila digaruk kulit yang berpanu akan memperlihatkan sisik.

Bagaimana cara mengatasi panu tersebut? Selain memakai obat panu, terdapat herbal yang mampu menghilangkan panu yakni lengkuas Alpinia galanga.

Penggunaanya cukup mudah dengan memarut rimpang lengkuas lantas mengoleskan ekstraknya di kulit yang berpanu sehari 3 kali, pada pagi, siang, dan malam selama 3-4 hari berturut-turut.

Riset Haraguchi memang memperlihatkan lengkuas memiliki aktivitas anticendawan yang ampuh. Bahkan penelitian Taechowisan dan Lumyong pada 2003 mengungkapkan khasiat lengkuas menghambat perkembangan cendawan fitopatogenik seperti pada Candida albicans yang menyebabkan keputihan pada wanita.

Bukan hanya itu riset Vuong Thi Thuy Quynh dan Duszkiewicz pada 2004 juga membuktikan bila rimpang lengkuas bersifat antimikrob terhadap beragam bakteri penyebab penyakit seperti Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Escherichia coli (diare), dan Salmonella typhi (tipus)

One Response to Lengkuas Singkirkan Panu

  1. GAk nyangka tinggal ngambil ke dapUR langsung manjUR,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + = 14