Leunca Musuh Kanker Serviks

bumi-herbal-dago3Ini menu masakan spesial yang Trias Santi santap saat menghabiskan Ahad di rumah. Ibu satu putri itu memasak leunca bersama oncom. “Menu ini bikin ketagihan karena enak,” ujar perempuan yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat itu. Kebiasaan Trias memakan leunca sudah dilakukan sejak kecil. Harap mafhum sang ibunda juga rajin memasak leunca.

Leunca Solanum nigrum yang disantap Trias itu ternyata memiliki khasiat luar biasa sebagai tanaman obat untuk kanker serviks. Kanker mulut rahim atau leher rahim itu saat ini menjadi momok kaum hawa di seluruh dunia karena menjadi pembunuh nomor satu, selain kanker payudara.

Pengobatan kanker serviks yang disebabkan human papilloma virus (HPV) onkogenik itu selama ini dilakukan dengan kemoterapi memakai cisplatin. Namun pengobatan itu berdampak kepada pasien seperti mual, muntah hingga bersifat toksik (nephrontoksik dan neurotoksik).

Kehadiran leunca pada kemoterapi kanker serviks dapat mengurangi efek toksik dari pengobatan itu. Itu dibuktikan Raditya Prima dan rekan dari Cancer Chemoprevention Research Center, Fakultas Farmasi Universitas Universitas Gadjah Mada. Penelitian yang tertuang dalam Indonesian Journal of Cancer Chemoprevention pada 2010 itu memperlihatkan efek sinergi antikanker leunca dalam kemoterapi kanker serviks dengan cisplatin.

Penelitian itu memperlihatkan konsentrasi optimum sinergi keduanya adalah 1/8 IC50 cisplatin-1/8 IC50 ekstrak leunca. Dengan kombinasi itu kehadiran ekstrak leunca mampu secara signifikan meningkatkan aktivitas cisplatin dalam mengatasi sel-sel kanker serviks.

Bukan hanya pada kanker serviks, beragam studi memperlihatkan senyawa beta-2 solamargine pada leunca berefek sitotoksik pada jalur sel tumor HT-29 (usus besar), HCT-15 (usus besar), LNCaP (prostat), PC3 (prostat), T47D (payudara), dan MDA-MB-231 (payudara). Senyawa lain leunca seperti solanine dan steroid alkaloid juga mampu merangsang apoptosis (program bunuh diri) pada sel-sel kanker paru-paru.

11 Responses to Leunca Musuh Kanker Serviks

  1. Baru denger…leunca…mantap abisss

  2. Wouww..interesting! Tapi di mana bisa dapatkan leunca itu? Please

  3. avatar jaty tsyarta tysmya

    Ibu saya didiagnosa terkena kanker serviks, bisa minta tolong alternatif lain, atau sekedar berbagi info mengenai penyakit ini. Need more info please.

    • kami memiliki beberapa kasus perbaikan kondisi dari penderita kanker serviks atau kanker rahim setelah rajin mengonsumsi rebusan daun sirsak setiap hari. Caranya 7 lembar daun direbus dengan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas dan diminum setiap pagi. Ulangi dengan daun baru setiap kali membuat. Alternatif lain dengan mengonsumsi bawang dayak. Kedua herbal itu memiliki sifat apoptosis terhadap sel kanker yang membuat sel kanker sulit tersebut berkembang dan meluas dan perlahan-lahan mati. Salam bebeja

    • Mama saya yang berusia 61 tahun juga divonis menderita kanker stadium 3. Berat awalnya 68 kg. Saat ini pola hidup diperbaiki dengan mengubah pola makan: garam memakai garam himalaya; gula diganti madu asli tapi sedikit; tidak mengonsumsi telur, daging sapi, dan ayam, tetapi ikan; konsumsi sayuran dan buah dengan cara mebuat menjadi jus atau langsung dimakan; konsumsi rutin wortel, tomat, jamur, bit, selada, sayur hidroponik, brocoli; serta pantang mengonsumsi mentimun, kacang tanah, serta buah yang terlalu masak.

  4. Apakah ada perbedaan khasiat pengaruh antara leunca matang (berwarna keunguan) dengan muda (hijau) terhadap khasiatnya? Atau sama saja?

  5. Salam, Kalau di Jawa namanya tanaman miranti. Makasih bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 72 = 73