Lezatnya Satai Ayam Yakitori

yaki-tori

Masyarakat Jepang mempunyai menu satai ayam lezat, yakitori. Uniknya, yakitori sudah seperti penganan gorengan di tanahair. Ia dijual mulai dari pasar, rumahmakan, restoran, hingga lokasi keramaian seperti bazaar. Khusus penjual dipinggir jalan disebut sebagai yakitoria.

Menu yakitori sederhana, yakni potongan ayam yang diselipkan ke dalam tusuk satai. Satai ayam itu lantas dipanggang. Setiap penjual satai berbeda dalam menyajikan bentuk dan besarnya potongan ayam tersebut.

Satai yakitori disantap dengan teman bir dingin. Masyarakat Jepang menyakini kombinasi itu bisa membuat stamina tubuh kuat setelah sepekan penuh bekerja keras. Bumbu yakitori simpel, pilihannya adalah shio atau dibumbui dengan garam serta tara, mirip saus yang terbuat dari campuran sake, gula, dan kecap.

Semua bagian ayam dapat dibuat yakitori seperti daging, jantung, tulang rawan, hati, kulit, ekor, dan usus. Hal itu sesuai kepercayaan, bahwa memakan bagian-bagian tersebut, bagian tubuh kita yang sama jadi lebih kuat. Jadi bila memilih kulit, maka santaplah yakitori kulit ayam. Meski belum terbukti secara ilmiah, tapi menyantap satai yakitori bersama bir dingin sangat menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 2