Lidah Buaya Pakai Mulsa Plastik Hitam Perak

lidah-buayaPemakaian sistem mulsa plastik hitam perak saat berkebun lidah buaya jarang dilakukan. Selama ini  andaikan memakai mulsa, yang dipakai adalah mulsa jerami.

Mulsa organik yang mudah melapuk itu berguna untuk menekan pertumbuhan gulma dan menjaga suhu tanah stabil. Nah fungsi mulsa plastik hitam perak sesungguhnya tidak jauh berbeda dibandingkan pemakaian mulsa jerami, tetapi terdapat keunggulan lain.

Keunggulan lain dari mulsa plastik hitam perak yang sudah diaplikasi oleh pekebun cabai itu adalah warna perak pada mulsa dapat memantulkan sinar matahari sehingga dapat mengurangi serangan hama seperti ulat penggerek daun dan tungau serta secara tidak langsung dapat mengurangi serangan cendawan dan penyakit Fusarium sp. Yang disebut terakhir menyebabkan tanaman lidah buaya layu.

Pemakaian mulsa plastik hitam perak juga mampu menjaga kesuburan tanah sehingga pertumbuhan dan produksi tanaman budidaya relatif seragam. Secara ekonomis sistem mulsa plastik hitam perak terbukti mampu mengurangi tenaga kerja untuk penyiangan dan penggemburan tanah sehingga dapat menekan biaya produksi. Pada musim kemarau, mulsa plastik hitam perak mampu mengurangi penguapan air sehingga pekebun lidah buaya tidak perlu sering untuk melakukan penyiraman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

86 + = 92