Lipsus (5) : Presiden SBY Resmi Buka PENAS XIV KTNA 2014

sby-1Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi membuka acara PENAS XIV KTNA 2014 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dalam sambutannya kepada petani dan nelayan yang diwakili oleh KTNA dari setiap provinsi, SBY menyampaikan 3 sasaran yang perlu dicapai, yakni keinginan memiliki pangan yang cukup bahkan lebih, keinginan untuk meningkatkan penghasilan petani, nelayan, dan petani hutan, serta rakyat Indonesia dapat membeli makanan dengan harga terjangkau.

Pada kesempatan yang sama dihadapan sekitar 25.000 petani dan nelayan itu SBY menyampaikan pula cara agar keinginan itu tercapai. “Ada 5 pihak yang harus bekerja sekuat tenaga,” ujarnya. Kelima pihak itu yang pertama adalah pemerintah pusat dan daerah yang perlu membuat kebijakan yang tepat, regulasi yang tepat, menjamin iklim investasi dan usaha yang tepat.

Kedua, kelompok pakar, praktisi, dan inovator yang harus mampu menciptakan komoditas yang produksi dan produktivitasnya tinggi. Ketiga adalah dunia usaha yang mampu membeli panen petani melalui perdagangan dan industri yang adil. Keempat, komunitas petani sendiri yang harus terus rajin, terampil, dan menguasai teknologi. “Yang kelima adalah masyarakat luas yang seyogyanya lebih bijaksana dalam mengonsumsi makanan. Tidak boros dan tidak mengonsumsi melebihi kepatutatnya,” kata SBY.

sby-6

sby-5

sby-4

sby-3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

73 + = 75