Liputan Khusus Pimnas 2016 (2): Sambal Bawang Cabe Serut

cabe-serut2Bagi Anda penggemar rasa pedas cabai rawit, produk sambal bawang cabe serut selayaknya patut Anda cicipi. Sambal bawang cabe serut itu merupakan karya dari Najah Anindya Aisya dan rekan dari Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro di Semarang, Jawa Tengah.

Karya yang memperoleh medali perak di kategori poster Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 pada 2016 di IPB Dramaga tersebut istimewa lantaran memakai bahan rumput laut, selain cabai rawit, bawang putih, dan lainnya.

Rumput laut membuat citarasa sambal tersebut gurih, selain rumput laut juga mengandung antioksidan tinggi sehingga berkhasiat untuk kesehatan. Rumput laut yang dipakai juga berfungsi sebagai pengawet alami. Nah, dari uji pemasaran secara online, respon konsumen cukup menggembirakan. Sambal bawang cabe serut (cabe sehat rumput laut) itu laku terjual hingga 840 botol selama periode pemasaran April-Juli 2016. Dengan harga Rp18.000/botol diperoleh omzet Rp15,48-juta dengan laba bersih Rp8,8-juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 47 = 50