Lobak Putih Peluruh Batu Ginjal

lobakSejak divonis menderita batu ginjal pada 2014, Wiratman di Bogor, Jawa Barat, mengatasinya dengan mengonsumsi lobak putih atas saran keponakannya yang menempuh pendidikan farmasi di sebuah universitas negeri di Depok, Jawa Barat.

Caranya sederhana. Ayah 3 anak itu memblender sebuah lobak segar dengan segelas air hangat, menyaring, lantas meminumnya. Konsumsi itu dilakukan selama 2 pekan setiap pagi (sebelum makan) dan malam hari menjelang tidur. “Setelah 2 minggu saya merasa batu ginjal saya larut dan keluar semua dari tubuh,” kata Wiratman yang terbebas pula dari sakit pinggang, salah satu indikasi penyakit batu ginjal itu.

Sejatinya batu ginjal yang seringkali dipanggil oleh penderitanya sebagai kencing batu itu merupakan endapan yang terjadi di sepanjang saluran kemih, mulai dari ginjal hingga ke ujung luar saluran, termasuk kandung kemih. Endapan itu sekitar 3/4 nya merupakan kristalisasi senyawa kalsium oksalat dan sisanya magnesium ammonium fosfat, asam urat, hidroksiapatit brusit, dan sistin.

Anggota famili Brasicaceae tersebut memang mujarab mengatasi batu ginjal. Hal itu berkat kehadiran senyawa flavonoid pada Raphanus sativus tersebut yang berdasarkan aneka riset terbukti dapat meningkatkan fungsi diuretik (peluruh urine). Meningkatnya fungsi diuretik dengan peningkatan volume berkemih merupakan salah satu jalan meluruhkan batu ginjal.

Tak sekadar bersifat meluruhkan, riset Dra Maryati Kurniadi MSi Apt dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia menguak pula bahwa aneka asam pada lobak seperti alil isotiosianat, pektat, fitin glakturonat, dan pelargonidin, ampuh sebagai pelarut batu ginjal.

2 Responses to Lobak Putih Peluruh Batu Ginjal

  1. saya pernah mencobanya dan guess what? hanya 2 hari batu ginjal hancur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 18 = 21