Luka Bakar? Olesi Madu

madu1Madu memang memiliki sejuta khasiat. Salah satu khasiat itu adalah kemampuan madu dalam menyembuhkan luka bakar. Saat tubuh menderita luka bakar, tubuh akan berupaya memperbaiki jaringan rusak tersebut. Di saat itu seluruh energi tubuh akan dikerahkan mengalirkan antibodi alami ke lokasi luka bakar tersebut.

Wujud dari mekanisme tubuh itu adalah terbentuknya eschar atau parut palsu yang akan menyelimuti luka seperti lapisan kulit. Apabila parut tersebut diolesi kebiasaan turun-temurun selama ini seperti menaburkan kopi atau mengoleskan mentega dan odol, ditakutkan luka itu menjadi infeksi.

Manfaat madu dalam membantu menyembuhkan luka bakar sudah diteliti. Riset Feriana Ira Handian dari Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya, Malang pada 2006, misalnya, mengambarkan kemampuan madu dalam mempercepat granulasi dan pengangkatan jaringan nekrosis. Kemampuan itu bahkan lebih baik ketimbang memakai silver sulfadiazine, gel yang dioleskan kepada penderita luka bakar.

Penelitian lain oleh Shazita Adiba Martyarini dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2011 bahkan menyebutkan madu dapat mempercepat proses epitalisasi. Pada proses tersebut pertumbuhan sel kulit muda dipacu untuk menggantikan lapisan kulit yang terluka. Riset lain membuktikan bila madu dapat mencegah infeksi pada luka.

Lantas madu apa yang berkhasiat itu? Hal tersebut ternyata berlaku untuk madu alam, bukan madu yang dibubuhi zat atau senyawa lain. Itu karena madu alam masih mengandung polen dan propolis. Yang disebut terakhir terbukti memiliki khasiat antimikrob. Jadi siapkanlah madu alam di rumah sebagai tindakan berjaga-jaga bila salah satu anggota keluarga atau kerabat Anda terkena luka bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 3 =