Manfaat Mikroriza & Biofertilizer

mikoriza1Pemakaian mikoriza (bagian dari biofertilizer) dan bioferlitizer (identik dengan pupuk hayati) sangat penting bagi tanaman. Keduanya dapat membuat tanaman cepat tumbuh dan selalu berada dalam kondisi sehat.

Sejatinya mikoriza yang berisi sekelompok mikroba berperan dalam penyerapan unsur fosfor (P)  pada tanaman. Unsur fosfor penting karena ikut serta pada proses pembelahan sel, pembentukan bunga, biji, dan buah serta membuat tanaman lebih tahan terhadap kekeringan.

Selama ini mikroba mikoriza seperti Glomus sp dan Gigaspora sp bersimbiosis hidup pada akar tanaman. Nah asupan mikoriza pada tanaman diperlukan untuk meningkatkan populasi mikroba penting itu.mikoriza3

Biofertilizer juga terdiri atas sekelompok mikroba penting. Kelompok mikroba itu antara lain Pseudomonas sp dan Azotobacter sp. Mikroba tersebut mampu memproduksi hormon yang akan merangsang pertumbuhan tanaman. Mikroba dalam pupuk hayati juga dapat berkolaborasi bersama mikroba tanah untuk melarutkan unsur hara dan membantu penyerapan unsur hara. Riset membuktikan bahwa biofertilizer termasuk mikoriza di dalamnya mampu mensuplai separuh kebutuhan hara tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 11 =