Mangga Apel: Minim Perawatan, Rajin Berbuah

Sosok tabulampot mangga apel setinggi 2 meteran itu sedap dipandang mata. Cabang-cabang pohon sarat belasan buah sebesar bola tenis. Tabulampot berumur 3,5 tahun tersebut tumbuh sehat dan segar dengan tajuk seimbang.

Mangga apel tersebut lebih pendek dan cepat berbuah lantaran memakai bibit sambungan. Batang bawahnya menggunakan mangga kweni yang sohor berakar kuat dan berbatang kokoh. Perakaran kuat penting untuk menjamin penyerapan unsur-unsur hara berjalan lancar. Batang kokoh juga vital untuk menopang tubuh tanaman yang sarat buah agar tetap tegak.

Sejatinya, mangga apel memang istimewa lantaran bisa menjadi pilihan pas bagi Anda yang minim waktu merawat. Harap mafhum, dengan perawatan minim sekalipun mangga apel tetap rajin menyuguhkan buah-buah ranum bagi Anda.

Meski demikian, perawatan seperti pemangkasan perlu dilakukan supaya percabangan tumbuh merata ke segala arah dan bentuk tajuk seimbang. Idealnya, pola percabangan yang dipakai adalah 1-3-9 atau 1-4-16. Disebut pola 1-3-9 bila pada batang utama terdapat 3 cabang primer dengan sudut condong tidak lebih dari 50 derajat. Selanjutnya, masing-masing cabang primer tersebut mempunyai 3 cabang sekunder.

Media tanam juga perlu dicermati. Media tanam sebaiknya gembur dan kaya unsur hara. Media tanam juga harus porous sehingga sirkulasi air dan udara berjalan lancar. Media tanam perlu dicampurkan pupuk kandang berupa campuran kotoran kambing dan ayam dengan perbandingan 3:1. “Pada saat pembuatan media tanam berikan ¼ ember arang tempurung kelapa untuk menjaga pH tanah,” kata Sarjito, pehobi tabulampot di Jakarta Timur.

Pemupukan penting yang perlu dilakukan ketika tanaman memasuki fase generatif alias berbunga. Pada saat itu, berikan rutin minyak ikan setiap seminggu plus pupuk majemuk NPK berkadar K dan P tinggi sesuai dosis. Jangan lupa memberikan pupuk kandang sebanyak 2-3 kg setiap 3 bulan. Dengan sejumlah perlakuan itu, meski minim perawatan, mangga apel tetap banjir buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

21 + = 28