Mangga Kelapa Berbuah Di Pekarangan

mangga-kelapa1Mangga kelapa milik Husni di Cimahi Utara, Jawa Barat, saat ini tengah memamerkan buah. Husni menanamnya tanaman yang kini berumur 4 tahun dari bibit setinggi 60 cm di pekarangan rumah. Husni menuturkan bibit tersebut dibiarkan terlebih dahulu di polibag selama 2-3 bulan sebelum dipindahtanamkan di lahan pekarangan.

Sepekan menjelang bibit dipindah, Husni membuat lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm, sedalam 60 cm. Tanah galian itu lantas dicampurkan 5 kg pupuk kandang sapi dan diaduk rata. Tanah bercampur pupuk kandang itu selanjutnya dibenamkan kembali ke dalam lubang tanam. “Saat bibit dipindahkan, sebagian tanah dikeluarkan lalu ditimbun kembali,” ujar ayah 2 putra itu.

Perawatan berikutnya dilakukan dengan memberi pupuk majemuk NPK 15:15:15 setiap 3 bulan sebanyak 6-7 sendok makan. Pupuk itu ditaburkan di parit yang dibuat mengelilingi batang sedalam 10 cm. Jarak parit dan batang sekitar 30 cm. Pupuk kandang lanjutan diberikan dengan dosis sama setiap setiap 6 bulan. Pemberiannya serupa NPK dengan membenamkannya di parit. Perawatan lain yang rutin dilakukan adalah menyiram 2 kali sehari pada musim kemarau. “Saat musim hujan tidak perlu disiram,” ujarnya.

Dengan perawatan tersebut Husni menjelaskan, pohon mangga kelapa dapat 2 kali berbuah saat panen perdana. Panen pertama 10 buah serta panen kedua 6 buah. Bobot buah rata-rata mencapai 500-800 gram. “Kalau matang aroma buah mangga kelapa mirip mangga bacang bercampur wangi mangga arumanis,” ujarnya menyebutkan keistimewaan buah berdaging tebal dan bertekstur mirip mangga arumanis itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

37 + = 45