Mangga Terbaik FBBN 2015

mangga-juara1Mangga garifta merah milik Abdul Gani dari Situbondo, Jawa Timur, dinobatkan sebagai mangga terbaik pada Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) 2015 di Institut Pertanian Bogor.

Mangga garifta merah yang dipanen setiap Oktober-November itu menawan. Selain warna buah merah cenderung solid, citarasa buah dari pohon berumur 4 tahun itu manis serta renyah. Abdul Gani menanam 17 pohon mangga garifta merah di lahan seluas 3.200 m2 dengan mengandalkan pengairan tadah hujan.

Juara Lomba Buah Unggul Nasional 2014, mangga agrimania milik Haji Urip dari Indramayu, Jawa Barat menjadi terbaik berikutnya. Sosok mangga yang dipanen setiap Maret, Agustus, dan Desember itu mengoda: bobot besar, rata-rata mencapai 1,2 kg dengan corak buah bak mangga gedonggincu dengan pola dengradasi warna mulai hijau, hijau kemerahan dan kuning merah.

mangga-juara3Mangga kelapa milik Agustinus Adang dari Nusa Tenggara Timur menjadi sosok terbaik lain. Mangga kelapa bercorak hijau itu berasal dari pohon berumur 54 tahun yang menempati area seluas 35 m x 19 m. Mangga yang dipanen setiap November-Januari tersebut mampu berproduksi hingga 300 kg dengan bobot buah rata-rata 0,5 kg.

Mangga gedonggincu milik Joko dari Cirebon, Jawa Barat menjadi terbaik berikutnya. Mangga dengan rasa buah manis bercampur sedikit asam itu berasal dari pohon berumur 23 tahun. Joko memiliki 43 pohon mangga gedonggincu yang ditanam di lahan 2 hektar. Produktivatas pohon yang panen setiap Juni-Desember itu mencapai 13 kg dengan bobot buah rata-rata 250 gram.

mangga-juara4 mangga-juara2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

44 − = 37