Maskoki Berkualitas Ala China (2)

Maskoki berkualitas di China dirawat dengan seksama. Salah satu yang penting dalam perawatan tersebut adalah kualitas air.

Kualitas air berperan penting bagi kelangsungan hidup maskoki. Ia berpengaruh terhadap kecepatan reproduksi dan psikologi ikan. Air yang bagus mempercepat keluarnya sel telur saat ikan matang gonad. Selain itu membikin ikan bergerak aktif dan terlihat sehat.

Secara normal, hewan berdarah dingin ini dapat hidup di air ber pH 6,5-8,5. Bila terlalu rendah menyebabkan maskoki mengalami acidosis. Demikian juga bila terlampau tinggi, terjadi alkalidosis.

Acidosis adalah menimbunnya asam dalam tubuh dan ditandai dengan kadar ion hidrogen. Gejala serangan, ikan suka berdiam di dasar kolam dan ogah makan. Alkalidosis, ikan mengeluarkan lendir berlebih sebagai upaya mengatasi amonia yang makin beracun.

Maskoki menyukai kesadahan air yang lunak sekitar 4. Kesadahan tinggi, di atas 6 mengakibatkan stres. Suhu air sebaiknya 18-28 derajat Celcius. Meski demikian ketika suhu lebih dari 30 derajat Celcius ia mampu bertahan hidup. Namun, proses metabolisme tubuh lebih cepat, sehingga ikan mudah lelah lantaran kehabisan energi.

Pada suhu kurang dari 15 derajat Celcius, ikan sulit bergerak dan sedikit menyantap pakan. Pasokan oksigen mutlak diperlukan. Oksigen akan membantu menguraikan senyawa sisa-sisa metabolisme yang beracun seperti amonia dan nitrit. Minimal oksigen terlarut 5 ml/liter. Oleh karena pemanfaatan aerator sangat dianjurkan.

Hampir semua farm maskoki berkualitas di China memiliki air kolam berwarna kehijauan lantaran kehadiran alga. Tanaman bersel satu ini merupakan indikator kualitas air. Semakin kehijauan kian bagus kualitas air dan sebaliknya. Yang perlu diingat mencegah ledakan ganggang itu. Jika itu terjadi hingga menutupi permukaan kolam menyebabkan anjloknya oksigen terlarut.

Untuk menghindari, lakukan penggantian air minimal sebanyak 20% dari total kapasitas kolam. Penggantian dapat dilakukan setiap minggu atau sampai air kolam tampak terlalu hijau pekat. Di Tung Hoi Aquarium, eceng gondok Eichornia crassipes dimanfaatkan sebagai filter air. Setiap air yang keluar dari kolam akan melalui tanaman pengisap racun itu sebelum diolah lagi di bak-bak filter. Jadi, wajar sampai saat ini China merupakan produsen maskoki berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + = 23