Media Tanam Palem Terbaik

palemAneka palem seperti phoenix, bismark, redneck, ravenea, palem raja, dan palem kuning tidak melulu harus ditanam memakai media tanah. Dengan media tertentu, tanaman lebih ringan saat diangkut, lebih bersih, dan mudah mengontrol kebutuhan unsur hara.

Media tanam palem terbaik terdiri atas campuran sekam padi, serbuk sabut kelapa atau cocopeat, dan pasir kasar dengan perbandingan 1:2:1. Sebelum dipakai media campuran itu perlu didiamkan selama 2 pekan.

Setelah didiamkan selama 2 pekan, media dapat dipakai untuk seluruh tingkat umur palem, mulai dari penyemaian di polibag, pot hingga drum. Media campuran itu bersifat gembur, remah, dan porous. Serbuk sabut kelapa dan sekam padi berbobot ringan dan mengikat air. Sedangkan pasir akan mengalirkan air sehingga media tetap porous.

Perawatan tanaman cukup mudah. Tanaman disiram dua kali setiap hari pada musim kering. Setiap penyiraman air disertai pemberian Urea berkadar rendah andaikata dijumpai banyak tanaman berdaun kuning, tanda kekurangan unsur Nitrogen (N).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 6 =