Media Tepat Srikaya Berbuah

srikaya1Bebeja tolong dong apa media tanam yang bagus untuk tabulampot srikaya new varietas? Terimakasih. Wisanti, Bogor, Jawa Barat. Sepucuk surat elektronik itu datang ke kantor redaksi bebeja.com.

Sejatinya srikaya menghendaki media porus. Untuk penanaman di pot, dapat mengunakan media kombinasi tanah dan sekam bakar dengan perbandingan 50:50 atau campuran sekam bakar, tanah, dan pupuk kandang, perbandingan 1:1:1. Jangan lupa memasukkan pecahan genting setinggi 5-10 cm  pada dasar pot agar air tak menggenang.

Untuk penanaman srikaya di tanah, buatlah lubang tanam sedalam 50 cm dengan lebar 60 cm. Pada lapisan paling bawah, letakkan puing-puing genting atau batu bata setinggi 20 cm.

srikaya2Selanjutnya campuran media arang sekam, pupuk kandang sapi, dan tanah dengan perbandingan 2:1:2 diratakan setinggi 5 cm. Lalu bibit beserta tanah bola akarnya dimasukkan ke dalam lubang. Sisa rongga ditutup media tanah subur yang dicampur pasir dengan komposisi 1:0,5.

Semua media itu bersifat porus atau mengalirkan air karena sejalan sifat srikaya yang butuh air setiap hari, tapi tak menggenang. Pada musim panas, siramlah srikaya pada pagi dan sore. Jika musim hujan, cukup sehari sekali. Jangan lupa, memilih lokasi tanam yang terkena sinar matahari penuh. Itu karena srikaya suka panas.

Selain media, penambahan hara juga krusial. Berikan 1 sendok pupuk NPK seimbang. Pupuk dilarutkan dalam 2 liter air dan diaduk bersama 15 ml minyak ikan dan satu tutup botol pupuk hayati yang mengandung mineral dan hara mikro. Campuran itu diberikan setiap bulan agar tanaman srikaya lekas berbuah.

2 Responses to Media Tepat Srikaya Berbuah

  1. Salam. Saya tinggal di Sumenep, Madura dan mungkin bisa disebut pecandu buah lengkeng. Saya memiliki 10 pohon lengkeng tapi satu pun berbuah. Mohon saran dan petunjuk agar lengkeng dapat berbuah. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 2