Media Organik Manjakan Tanaman

Media organik perlu mengandung beragam unsur makro dan mikro penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bagi tanaman hias, buah, dan sayuran.

Sejatinya media tanam organik mempunyai banyak keuntungan dibandingkan media tanah, yaitu kualitasnya tidak bervariasi, bobot lebih ringan, tidak mengandung inokulum penyakit, serta lebih bersih. Pemakaian bahan organik sebagai media tanam jauh lebih unggul dibanding dengan bahan anorganik. Hal itu disebabkan karena bahan organik mampu menyediakan unsur hara bagi tanaman.

Bahan organik juga mempunyai pori-pori makro dan mikro yang hampir seimbang sehingga sirkulasi udara yang dihasilkan cukup baik serta memiliki daya serap air yang tinggi. Beberapa jenis bahan organik yang dapat menjadi media tanam antara lain, sekam, arang, cacahan pakis, kompos, moss, serta sabut kelapa. Pilihlah selalu media organik berkualitas yang dapat memanjakan tanaman Anda.

4 Responses to Media Organik Manjakan Tanaman

  1. pagi pak,
    maaf sebelumnya kami bermaksud menawarkan pupuk kandang sapi dan kambing untuk bahan organik ataupun pupuk kandang
    trims

  2. avatar Rosa Edhi Jatmiko

    Bagaimana saya bisa mendapatkan media tanam untuk tabulampot?

    • Media tanam untuk tabulampot biasanya sudah tersedia dalam bentuk kemasan 5 kg di pasaran. Namun Anda dapat membuat sendiri dengan mengunakan komposisi kompos:tanah:pupuk kandang, 2:1:1. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

23 − = 21