Melirik Serat Rami

serat-ramiSerat kapas yang memiliki serat pendek selama ini mendominasi 90% kebutuhan industri pemintalan. Kebutuhan yang besar tersebut selama ini masih terpenuhi, tapi 5–6 tahun ke depan seiring menuanya pohon penghasil kapas yakni randu, bisa dipastikan pasokan serat kapas bisa terhambat.

Nah salah satu subsitusi yang bisa dipakai adalah serat rami Boehmeria nivea. Salah satu negara yang serius menanam rami untuk kebutuhan industri pemintalan dalam negerinya adalah China. Luas penanaman rami di negeri Tirai Bambu itu mencapai 500.000 hektar. Negara lain produsen rami adalah Filipina dan Brasil. Rami berkembang pesat di ketiga negara tersebut karena industri pemintalan menggunakan bahan baku berserat panjang, seperti rami.

Di Indonesia industri pemintalan masih mengandalkan mesin untuk serat pendek, sehingga apabila memakai rami, seratnya perlu dipotong terlebih dahulu menjadi pendek. Sebagai gambaran panjang serat rami bisa mencapai 50 cm dengan panjang rata-rata 12–15 cm. Kondisi tersebut menyebabkan secara ekonomis membuat ongkos produksi melonjak. Itu yang banyak dihindari industri pemintalan.

ramiSejatinya serat rami memiliki segudang kelebihan yakni memiliki serat halus (dyener) seperti kapas, tingkat elastisitas bagus, lebih sejuk bila dipakai, tahan kusut, dan warna lebih kilap pada pakaian yang memakainya sebagai bahan baku.

Nah tanaman rami dipanen setiap 2 bulan sekali, sedangkan kapas 4 bulan sekali. Beberapa klon rami antaralain pujon 10 yang memiliki rendemen tinggi, 3—3,5% dari biomassa, dyener menyerupai kapas, jumlah anakan banyak, tinggi mencapai 2—2,5 m, cocok ditanam pada ketinggian 700 m—1.000 m dpl dengan air cukup. Jenis lainnya adalah Jatim yang memiliki daun lebih lebar sehingga proses fotosintesis lebih bagus. Akibatnya vegetasi tanaman pun lebih bagus. Sosok tanaman lebih tegak sehingga lebih efisien. Rendemen sama dengan klon pujon.

Segera Like Official Fanpage Kami untuk mendapatkan informasi terbaru dan inovatif seputar perkebunan serta peluang usaha agribisnis lainnya.

Share and Enjoy

Training Bisnis Online

2 Responses to Melirik Serat Rami

  1. Saya bersama PT AGRINA PRIMA mengembangkan RAMI di WONOSOBO Jawa Tengah, sejak tahun 1999 sd saat ini. Orientasi kami untuk saat ini mengembangkan rami justru lebih banyak digunakan untuk kerajinan. Silahkan bagi yang ingin share dengan saya dalam pengembangan Tanaman Rami bs silaturahmi ke Wonosobo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

34 − = 27

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>