Melongok Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)

rptra8Semakin menyusutnya ruang bermain untuk anak-anak, terutama di ibukota mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sebab itu Pemprov DKI terus berupaya membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di berbagai lokasi.

Saat ini Pemprov DKI sudah membangun 3 RPTRA dan telah berfungsi sebagai ruang bermain anak-anak, yakni RPTRA Sungai Bambu, RPTRA Gandaria (Jakarta Selatan), dan RPTRA Cideng (Jakarta Pusat).

pengembangan RPTRA terus berlanjut dengan peresmian RPTRA ke-4 di Kembangan Utara, Jakarta Barat oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada awal Juni 2015. Kontributor bebeja.com Rizky Fadhilah yang menyaksilkan langsung peresmian itu melihat RPTRA itu nyaman dan memiliki fasilitas edukasi pertanian sebagai upaya mewujudkan masyarakat pertanian di perkotaan (urban farming).

Di lokasi tersebut, misalnya, terdapat taman herbal serta area edukasi aquaponik dan hidroponik hingga pembesaran ikan konsumsi di bak-bak fiber. Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta, Veronica Basuki Purnama, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) itu merupakan hasil gotong royong masyarakat dan bantuan dari pihak swasta.

rptra2 rptra4 rptra5 rptra6

rptra1 rptra3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 42 = 50