Mengkudu Atasi Endometriosis

Mengkudu1Siska Sriyanti masih mengingat kejadian mengharukan 13 tahun silam saat untuk pertamakalinya ia melahirkan putra semata wayang yang kini duduk di bangku sekolah pertama pertama. Siska sebelumnya 9 tahun sulit memperoleh keturunan.

Penyebabnya konsultan IT di Jakarta Timur itu menderita endometriosis. Berbagai upaya ke dokter kandungan hingga tindakan medis sudah dijalani, tapi hasilnya nihil. “Tekanan yang paling besar datang dari keluarga yang mengira saya mandul,” ujarnya.

Endometriosis merupakan implan jaringan (sel-sel kelenjar dan stroma) abnormal mirip endometrium (endometrium like tissue) yang tumbuh di sisi luar kavum uterus, dan memicu reaksi peradangan menahun.

Siska menuturkan selama menderita endometriosis itu menstruasi tidak lancar dan tidak tepat waktu, kadang terlambat hingga 8-10 hari. Walau tidak sedang menstruasi, di bawah perut kadang terasa nyeri.

Kesembuhan datang setelah sang ayah belakangan mendorongnya meminum air rebusan buah mengkudu setiap hari selama 3 bulan. Sang ayah memarut 12-15 buah mengkudu matang yang berwarna keputihan, lantas menyaring ekstraknya. Ekstrak itu lantas ditambahkan 2 gelas air dan dimasak sebentar di dalam panci sambil sedikit dibubuhi garam. Setelah dingin, ekstrak air itu dimasukkan ke dalam botol sirup.

“Saya meminum setiap hari 3/4 gelas,” ujar Siska yang semula menolak lantaran tak tahan bau menyengat dari Morinda citrifolia tersebut. Satu botol sirup biasanya habis dikonsumsi selama 4-5 hari. Setelah 3,5 bulan konsumsi, Siska senang bukan kepalang karena akhirnya dapat hamil.

Riset ilmiah yang membuktikan khasiat mengkudu membantu mengatasi endometriosis memang belum dijumpai, kecuali pengalaman empiris dari pemakainya. Namun diduga mengkudu memiliki senyawa yang mampu memperbaiki kadar estrogen. Harap mafhum kehadiran endometriosis pada perempuan memang erat terkait kondisi kadar estrogen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

61 − = 60