Mewarnai Bunga Sedap Malam

sedap-malamAnne Mariana di Kelapagading, Jakarta Utara, menyukai bunga sedap malam. Saban pekan, ibu satu anak itu akan membeli sekitar 20 tangkai Polianthes tuberosa,┬álantas menaruh di pot meja. “Saya menyukai bunga sedap malam karena baunya harum,” ujarnya.

Bunga sedap malam yang dibeli Anne dominan berbunga putih. Sejatinya Anne dapat mewarnai bunga sedap malam itu memakai pewarna makanan sehingga diperoleh variasi corak lain yang lebih berwarna.

1. Pilih bunga sedap malam segar yang memiliki 4-5 kuntum bunga. Potong tangkai bunga itu sepanjang 35-40 cm dari bunga paling bawah.

2. Siapkan zat pewarna makanan. Di pasar tersedia zat warna makanan food grade seperti cap koepoe-koepoe, trans, dan hakiki. Warna-warna yang dapat dipilih antara lain merah, kuning, dan hijau.

3. Larutkan zat pewarna itu ke dalam 1 liter. Tambahkan satu sendok gula dan perasan separuh jeruk nipis. Aduk rata larutan hingga homogen. Semakin pekat larutan zat warna, warna bunga yang dihasilkan semakin solid.

4. Celupkan tangkai bunga sedap malam ke dalam larutan. Diamkan sekitar 60-90 menit. Lama perendaman sangat tergantung laju penyerapan zat warna itu.

5. Bila warna bunga sudah sesuai keinginan, angkat bunga itu, lalu potong tangkai terbawah sekitar 2-3 cm sebelum bunga sedap malam itu dipajang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 36 = 43