Mimpi Indah Otak Jadi Pintar

tidur

Berapakali dalam sepekan Anda dapat bermimpi indah di saat tidur? Bila bisa setiap hari bermimpi indah, berbahagialah Anda! Bisa bermimpi indah merupakan cermin bahwa otak Anda sehat. Sampai saat ini para ahli kesulitan menerangkan proses terjadinya sebuah mimpi indah itu.

Namun, mereka cukup memahami bila mimpi indah bisa terjadi pada orang yang memejamkan mata alias cukup tidur rata-rata selama 8-9 jam per hari.

Mengapa kita butuh tidur? Ada beberapa teori berkaitan dengan hal itu. Salah satunya adalah tidur merupakan upaya restoratif bagi tubuh. Khusus di otak, restoratif yang terjadi adalah pembersihan sampah yang dilakukan otak-disebut sistem glimfatik-dengan membuang racun-racun yang menyebabkan antara lain demensia (pikun), alzheimer, serta kelainan syaraf lain. Para peneliti menemukan bahwa saat kita tidur, sel-sel otak akan mengecil ukurannya sehingga racun lebih cepat dibuang.

Namun bagaimana pada saat tidur pun otak masih tetap bekerja keras? Menurut para ahli ada kemungkinan otak berlatih dan menjalankan pemecahan, sebelum diaplikasikan pada tindakan di dunia nyata. Beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran untuk menguatkan kemampuan otak tidak dapat berlangsung tanpa tidur terlebih dahulu. Itulah salah satu sebab mengapa orangtua kita selalu menyuruh kita untuk tidur siang, bahkan tidur lebih awal, tidak larut malam.

Lantas bagaimana mekanisme otak yang terjadi saat kita tidur? Pertama sesungguhnya otak menerima lebih dari 1-juta rangsangan visual. Nah otak dengan cepat mengolahnya dibarengi dengan pembersihan. Para peneliti menyebutkan tidur dapat mengeluarkan racun-racun dari otak yang terakumulasi di siang hari. Menurut Maiken Nedergaard MD dari University of Rochester Medical Center (URMC) otak memiliki keadaan-keadaan fungsional yang berbeda saat tidur dan ketika bangun.

Dengan memakai mikroskop khusus pada tikus percobaan, para peneliti menemukan sistem pembuangan di otak yang ternyata menempel pada saluran-saluran darah di otak dan cairan tulang belakang otak. Racun tersebut akan dibuang melalui peredaran darah yang masuk ke dalam salah satu sistem pembersihan racun di tubuh, yakni hati.

Pembuangan racun melalui cairan tulang otak semakin cepat berlangsung apabila dalam kondisi kita tidur. Para peneliti menjumpai bila saat tidur otak menciut 60%, kemampuannya membuang racun lebih cepat dan membikin pintar otak. Jadi? segeralah bermimpi indah saat tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 2