Mobil Pengering Jagung

Sedikit pengunjung pameran Indo livestock 2018 pada 4-6 Juli 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta mafhum bila sebuah truk putih yang terparkir di area parkir lobby JCC tersebut istimewa. Truk yang didesain bak food truck dengan kedua sisi dapat terbuka itu merupakan mobil pengering jagung. Itulah inovasi alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk mendukung swasembada jagung di tanahair.

Sejatinya, pengering jagung memang dibutuhkan pekebun, terutama di sentra penanaman baru dengan lokasi agak sulit terjangkau seperti terdapat di wilayah Pulau Sumatera, Papua, dan Sulawesi. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI bahkan mencanangkan memberikan bantuan sekitar 1.000 alat pengering jagung senilai Rp1-triliun.

Nah, bak truk itu mengangkut alat pengering jagung berbentuk selongsong. Pada ekor truk, jagung yang telah dikeringkan tercurah melalui pipa untuk selanjutnya dikemas. Mobil pengering jagung tersebut merupakan rancangan dari produsen pakan ternak Charoen Pokphan Indonesia Tbk. Tujuannya supaya mobil itu dapat menjangkau wilayah terpencil dari penanaman jagung yang terkendala jarak dari pabrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

50 + = 55