Nanas Singkirkan Plak Gigi

nenas

Salah satu tujuan menyikat gigi adalah membuang plak yang menempel pada gigi. Plak gigi sejatinya adalah lapisan lunak yang terbentuk dari pencampuran sisa makanan dan bakteri dengan perantara air liur yang dihasilkan oleh kelenjar saliva.

Plak yang menempel pada permukaan gigi tersusun oleh 80% air dan 20% sisanya terdiri dari atas protein, karbohidrat, lemak, kalsium dan fosfor. Plak gigi yang tidak dibersihkan kelamaan memicu karang gigi (kalkulus) dan selanjutnya menjadi karies di gigi.

Sejauh ini upaya menghilangkan plak adalah dengan menggunakan pasta gigi mengandung bahan fluorida. Fluorida memang terkenal sebagai zat antiplak dalam industri pasta gigi. Namun pemakaian pasta gigi berbahan fluorida tidak disarankan untuk anak-anak berusia di bawah 4 tahun karena menimbulkan efek samping. Badan POM sejak lama menarik seluruh produk pasta gigi untuk anak-anak yang masih mengandung fluorida di atas 500 ppm.

Lantas bahan apa yang bisa dipakai sebagai pengganti? Salah satu alternatif zat antiplak alami terdapat pada enzim bromelain dari buah nenas. Enzim bromelain sudah diketahui memiliki khasiat multiguna seperti mengatasi radang, menghilangkan nyeri, mempercepat penyembuhan luka, membantu pencernaan, meningkatkan penyerapan obat, meningkatkan imunitas, meningkatkan sirkulasi darah, dan bersifat antitumor.

Namun, pemanfaatan sebagai zat antiplak belum banyak terungkap. Bromelain ternyata bisa membantu memecahkan protein, karbohidrat dan lipid dari makanan serta dekstran yang merupakan produk metabolit dari bakteri yang terbukti memegang peranan penting saat pembentukan plak gigi.

Riset Hidayah dan rekan dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember pada 2000 memperlihatkan bromelain dapat memecah ikatan glutamin alanin dan arginin alanin yang merupakan asam amino penyusun protein.

Penelitian Hidayah tersebut menggunakan gigi tiruan resin akrilik. Dengan kemampuan seperti itu pantas bromelain berpotensi sebagai bahan baku pasta gigi anak-anak. Bagi kita ada gunanya juga sesekali dalam sepekan mengonsumsi buah nenas segar untuk mengurangi plak gigi bahkan mengikis karang gigi di luar kebiasaan mengosok gigi secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 6 =