Nasi Beras Hitam Vs Nasi Beras Merah

nasi-beras-hitamNasi beras hitam dan nasi beras merah mempunyai nilai gizi tinggi sehingga diyakini dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Khasiat nasi beras hitam, misalnya, mampu mendongkrak sistem imunitas tubuh, membantu memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah kanker dan tumor, meningkatkan kolesterol baik, serta antioksidannya dapat memperlambat proses penuaan.

Nasi beras merah? manfaatnya antara lain mencegah penyakit saluran pencernaan seperti sembelit dan konstipasi, cocok untuk diet, menurunkan kolesterol darah, serta mampu menyehatkan jantung berkat kehadiran vitamin B1 dan mineral yang tinggi.

Sejatinya warna beras hitam, merah, dan bahkan putih terjadi secara genetik karena perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, endospermia, dan komposisi pati pada endospermia.

nasi-beras-merahBeras putih, misalnya, hanya memiliki sedikit aleuron dan mengandung 20% amilosa. Pada beras merah, aleuron cukup banyak dan mengandung gen yang memproduksi senyawa antosianin sebagai sumber warna merah atau ungu.

Pada beras hitam, aleuron dan endospermia memproduksi senyawa antosianin berintensitas tinggi sehingga warna beras menjadi ungu pekat mendekati hitam. Nah ketan hitam yang kita kenal dalam penganan bubur kacang hijau merupakan versi ketan dari beras hitam yang kadar antosianinnya rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 7