Nikmatnya Pisang Kepok Nipah

Pisang goreng pontianak populer karena citarasa pisang goreng yang manis, renyah, serta krispi. Tak sembarang jenis pisang dipakai. Pilihannya adalah pisang kepok nipah. Pisang kepok yang produktivitas per pohon mencapai 15-28 kg, berkulit buah tebal dan bertekstur daging buah halus itu merupakan komoditas unggulan di Kalimantan Barat.

Sebab komoditas unggulan, pisang kepok nipah banyak ditanam dengan populasi rata-rata 1.100 pohon/ha. Salah satu sentra penanaman pisang kepok nipah adalah Desa Segedong di Kabupaten Kubu Raya. Produksi pisang kepok nipah dari desa tersebut bahkan sudah dimanfaatkan UKM untuk menjadi bahan utama keripik pisang.

Sejatinya, pisang kepok nipah juga dijumpai di daerah lain di tanahair. Di Kabupaten Selayar dan Kabupaten Bone di Sulawesi Selatan, pisang kepok nipah dipanggil dengan sebutan unti sayang. Pisang itu istimewa lantaran berdasarkan eksplorasi Pusat Kajian Buah Tropika LPPM IPB pada 2008 menunjukkan produksi hasil yang tinggi mencapai 41 kg/pohon.

Musa paradasiaca yang berdaging buah kuning dan bercitarasa manis itu juga potensial sebagai alternatif bahan pangan. Berdasarkan rekomendasi Pusat Kajian Buah Tropika LPPM IPB, pada 2009 jenis ini dilepas Kementerian Pertanian sebagai varietas unggul nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 4 =