Nuansa Biru Ogasawara

ogasawara-jepangOgasawara atau dikenal sebagai Bonin Islands, merupakan rangkaian gugus Kepulauan Gunung Berapi di Laut Pasifik, berjarak sekitar 1.000 kilometer di selatan dan Tokyo dan sejajar dengan Kepulauan Okinawa. Kepulauan Ogasawara yang indah karena bernuansa biru tersebut bisa dicapai menggunakan kapal Ferry dari Tokyo selama 3-4 jam perjalanan.

Wilayah Ogasawara memiliki 2 pulau besar sebagai pulau utama di antara gugus pulau lainnya, yakni Chichijima (artinya Pulau Ayah) dan Hahajima (artinya Pulau Ibu).

Ogasawara terkenal karena memiliki iklim subtropis dengan suhu hangat sepanjang tahun. Kepulauan tersebut menarik wisatawan lokal dan mancanegara karena memiliki pantai dan terumbu karang yang indah dan hutan-hutan di bukit yang rapat dan alami dengan banyak tumbuhan dan satwa eksotis seperti beragam jenis burung, serangga, dan kepiting yang menjadi penghuni di dalamnya. Oleh sebab itu untuk menjaga keunikan dan kelestarian tumbuhan dan satwa unik tersebut setiap pengunjung yang datang ke Ogasawara dilarang membawa biji atau spesies asing lain.

Dengan alasan konservasi dalam melindungi tumbuhan dan satwa unik tersebut pula pengunjung dilarang berkemah di area hutan, tetapi sebagai gantinya Ogasawara menyediakan hotel-hotel berstandar dengan harga terjangkau.

Kepulauan Ogawasara yang ditemukan pada 1593 oleh Ogasawara Sadayori dan mengklaim kepulauan tersebut sebagai wilayah kekuasaan Shogun Tokugawa itu sempat tidak berpenghuni sampai 1830. Namun seiring perjalan waktu Kepulauan Ogasawara yang resmi menjadi wilayah Jepang pada 1875 dan pangkalan militer Jepang selama Perang Dunia ke-2 menjadi tujuan wisata yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − = 9