Nuri Ternate Pintar Omong

“Selamat pagi, selamat pagi?”. “Apa kabar, apa kabar”. Itulah beberapa kata yang bisa diucapkan seekor burung nuri ternate yang pintar omong. Lorius garrulus tersebut dapat menghapal hingga 10 kata.

Sejatinya burung nuri baru bisa diajari ngomong di saat umurnya 6 bulan. Tak banyak yang bisa dihafalnya, sehingga cukup diberikan kata singkat yang selalu diulang-ulang pengucapannya setiap hari. Itulah yang dilakukan oleh beberapa pehobi burung paruh bengkok.

Berapa harga burung nuri pintar omong? Di pasar burung terbesar di Jakarta Timur, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Populasi burung nuri ternate kian hari menyusut dan sedikit dijumpai di hutan-hutan sekitar kepulauan Maluku karena terus diburu karena ia salah satu burung paruh bengkok populer: pintar omong serta berbulu indah.

Di habitat asli tersebut burung nuri hidup berkelompok dan setia pada satu pasangan. Nektar dan polen pakan favorit si burung, selain tunas muda, rumput-rumputan segar, serangga kecil, dan cacing tanah juga dilahapnya. Burung nuri ternate termasuk agresif, suka sekali memanjat, melompat, atau menggelantung di pepohonan.

Ketika terbang ia seringkali mengeluarkan jeritan atau pekikan keras. Saat bertengger kakinya mencengkeram kuat di ranting. Bergerak memutar dengan berporos pada ranting sambil bersiul-siul kecil adalah aktivitas yang disukainya sehingga tampak menggemaskan. Itu pula sifat yang menjadi daya tarik pehobi untuk mengoleksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

78 − 76 =