Okra Kontrol Kolesterol

okraKadar kolesterol darah Syamsidar (42 tahun) cukup tinggi mencapai 250 mg/dl. Pria berbobot 67 kg itu kerap gelisah lantaran paham bila kolesterol tinggi bakal memicu beragam penyakit seperti jantung koroner, arteriosklerosis, dan stroke.

Sejatinya kolesterol yang mirip lilin berwarna putih memiliki peran penting di tubuh seperti menjaga dinding sel, kulit serta produksi hormon seks. Sayangnya bila tidak terangkut oleh liporotein ia akan menjadi plak serta mengganggu peredaran darah yang berujung munculnya penyakit. Kondisi itu mendorong Syamsidar berupaya mengatasi kolesterol.

Riset yang dipublikasi pada Consensus Conference of Cholesterol di Amerika Serikat memperlihatkan, ancaman penyakit jantung koroner 2 kali lebih besar pada orang berkadar kolesterol 200-240 mg/dl. Ancaman itu meningkat 4 kali lipat jika mencapai kadar kolesterol mencapai 300 mg/dl.

Apa pemicu kolesterol tinggi? kolesterol tinggi terjadi lantaran konsumsi pangan berlemak tinggi dan berasal dari hewani seperti kuning telur, daging, dan hati. Meski demikian kolesterol juga dapat dipicu oleh faktor genetik sehingga hati memproduksi kolesterol dalam berlimpah. Pun faktor hormonal yang dapat meningkatkan kolesterol.

Syamsidar mulai dapat mengontrol kolesterol hingga di bawah 200 mg/dl setelah rutin mengonsumsi infused water okra Abelmoschus esculantus. Syamsidar meminum 2 kali pada pagi dan malam hari sebanyak masing-masing satu gelas. “Saya memakai okra yang merah. Dipotong-potong sebanyak 2 buah lalu ditaruh dalam botol minuman 600 ml. Diamkan dulu selama 3-4 jam di lemari es sebelum konsumsi,” ujarnya.

Syamsidar menuturkan biasanya air infused akan berlendir sebagai efek dari kehadiran senyawa musilane. “Lendir yang keluar tidak apa-apa untuk diminum,” katanya. Bila air di botol habis, Syamsidar akan menuangkan kembali air baru. Begitu seterusnya hingga 2 kali sebelum menggantikan memakai potongan okra merah yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 7