Olah Cabai Jadi Cabai Bubuk

cabai-bubukKebutuhan cabai bubuk saat ini terus meningkat. Tak hanya memenuhi kebutuhan rumah makan dan restoran, banyak industri seperti mi instan juga perlu cabai bubuk dalam jumlah besar sebagai bumbu.

Bahan baku cabai bubuk adalah cabai merah kering yang disortir berdasar bentuk, ukuran, warna, dan rasa. Penyortiran berguna untuk menjamin kualitas cabai bubuk terjaga.

Kadar air yang disyaratkan untuk cabai bubuk adalah 14%. Kadar air itu dapat diperoleh dengan pemanasan di dalam oven pada suhu 105 derajat celcius selama 2-3 jam. Selanjutnya tangkai dan biji dipisahkan dari daging buah sebelum cabai kering tersebut digiling.

Bahan baku cabai kemudian dimasukkan ke dalam mesin giling. Di pasaran banyak beredar aneka mesin giling. Untuk mesin giling kapasitas 200 kg, misalnya, dapat dipakai untuk mengolah 40 kg cabai kering dalam satu kali putaran. Namun bila usaha pembuatan bubuk cabai hanya skala kecil, dapat menggunakan mesin giling tahu. Selanjutnya supaya hasil bubuk maksimal, cabai perlu digiling sebanyak 3 kali.

Berikutnya setelah digiling, masukkan bubuk kasar cabai itu ke mesin pengayak untuk menyaring bubuk cabai sesuai ukuran yang diinginkan konsumen. Nah untuk memperoleh 1 kg cabai bubuk diperlukan 6 kg cabai segar. Cara mengawetkan cabai lainnya adalah dengan mengeringkan secara tradisional dengan menjemur selama 3 hari. Setelah kering, cabai dapat ditumbuk hingga menjadi bubuk yang disukai konsumen karena rasa pedas kuat dan biji cabai tetap disertakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

31 − = 21