Panen Jeruk Dengan Cekaman Air

buah-jeruk

Ingin pohon jeruk berbuah di luar musim? Ini kiatnya: lakukan teknik cekaman air. Supaya berbunga, jeruk butuh periode kering selama 3-4 bulan. Hal itu menjadi kendala bila ingin membuahkan jeruk pada musim hujan.

Perlakuan cekaman air manjur dan efektif merangsang pembungaan. Bagaimana cara kerjanya? Inti dari cekaman air adalah mengurangi air di sekitar perakaran tanaman. Di sekeliling tanaman dibuat parit melingkar sedalam 30-40 cm. Masing-masing parit bermuara pada satu saluran lebih besar. Selanjutnya, pakai mulsa plastik untuk menutupi akar tanaman di sekitar tajuk supaya mengurangi penyerapan air pada musim hujan.

Cekaman air dilakukan selama 1-2 bulan sampai tanaman menjadi stres yang ditandai dengan daun layu, kusam, dan bentuknya melengkung. Bila kondisi sudah seperti itu, cekaman air dihentikan dan mulsa plastik dibuka supaya daun tidak rontok. Selanjutnya, biarkan tanaman tersiram air hujan. Satu pekan berikutnya, tunas baru dan bunga mulai muncul.

Sejatinya, tanpa perlakuan pun tunas baru tetap muncul, tapi tidak diikuti keluarnya bunga. Jumlahnya pun lebih sedikit karena tunas tersebut menjadi calon daun baru. Munculnya tunas tersebut menyebabkan tanaman tidak mengalami stres terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

42 − = 38