Panen Melon Hidroponik Sistem Irigasi Tetes

melon-hidroponik-2Buah-buah melon golden apollo dan luna yang ditanam dalam polibag itu tampak bergelayut manja. Sebagian besar buahnya ditutup semacam kantong putih agar mulus dan tidak dihinggapi hama.

Buah-buah seukuran 3 kali kepalan tangan orang dewasa itu saat dibelah dan disantap benar-benar crispy…kres…kres…,dan manis. Kadar kemanisannya mencapai 14-16 brix, lebih tinggi 2-3 brix dari kadar kemanisan melon yang ditanam beberapa pekebun setempat di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Rasa crispy dan kadar kemanisan yang tinggi itu lantaran Agus Riswanto menanam melon kinanti itu secara hidroponik. Hidroponik yang diaplikasi pemilik Alfath Farm itu memakai sistem irigasi tetes atau drip irigation. Dari tangki nutrisi, larutan nutrisi yang diracik sendiri oleh Agus mengalir ke lebih dari 1.000 melon hidroponik. Larutan nutrisi itu meresap ke media tanam melalui selang yang ditancapkan di setiap media tanam.

melon-hidroponik-1Menurut ayah satu anak itu, media hidroponik yang dipakainya adalah campuran arang sekam dan cocopeat alias sabut kelapa dengan perbandingannya 1:1. Namun Agus mencoba pula memakai komposisi media berbeda. Salah satu yang dicoba adalah media tanam seluruhnya arang sekam. “Sejauh ini tidak terlalu signifikan perbedaannya terhadap berat buah yang dihasilkan,” ujar Agus yang dipercaya menanam melon dengan teknik serupa di rumah dinas Bupati Batang itu.

Buah yang dihasilkan dari budidaya melon hidroponik sistem irigasi tetes itu rata-rata berbobot 1,5 kg. Namun melon kinanti yang dirawat Agus di rumah dinas bupati dapat mencapai bobot 2,8 kg. “Berat itu mencetak rekor sebagai melon terberat di Jawa tengah,” kata Agus yang menjual melon itu rata-rata seharga Rp17.000 per kilogram itu.

Sejauh ini tidak ada kendala dalam budidaya melon hidroponik tanpa tanpa naungan seperti dilakukan Agus Riswanto. “Hanya nutrisi yang harus diperhatikan benar saat musim kemarau dan musim hujan,” katanya. Harap mafhum saat musim hujan secara alami kadar kemanisan melon menurun. Namun itu bisa disiasati alumnus Sekolah kesehatan di Kabupaten Batang itu dengan pemberian campuran nutrisi yang tepat.

melon-hidroponik3 melon-hidroponik4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 1 =