Pelajar Juara Google Science Fair 2014

kinsaleTiga pelajar Kinsale Community School dari Irlandia berhasil menyabet Global Google Science Award pada Google Science Fair 2014 di California, Amerika Serikat.

Ketiga pelajar itu–Ciara Hakim, Emer Hickey, dan Sophie Healy–menang setelah membuktikan bila penyemprotan mikroba penambat nitrogen yang hidup di akar tanaman polong-polongan, yakni bakteri Rhizobium dapat mendongkrak kecepatan tumbuh benih hingga 50%.

Riset selama 11 bulan di sebuah ladang pertanian di Irlandia itu membuktikan mikroba mampu memberi peringatan dini bagi benih untuk segera tumbuh. Peringatan dini itu muncul seiring munculnya senyawa flavonoid pada benih. Pada saat bersamaan mikroba akan memperbanyak diri dan membangun banyak bintil akar alias nodul di akar.

Bintil-bintil akar yang berisi koloni bakteri itu akan bekerja secara simultan dalam kelompok banyak untuk menangkap nitrogen bebas dari udara dan mengubahnya menjadi senyawa penting yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.

Menurut Jeef Dangl, ahli biologi dari Univeritas North Carolina di Amerika Serikat seperti dikutip dari National Geographic 24/9/14, sejak puluhan tahun dunia pertanian sudah mengetahui hubungan spesial antara tanaman dan mikroba itu. “Hubungannya bersifat simbiosis mutualisma atau saling menguntungkan.” ujarnya. Namun ketiga pelajar itu berhasil membuktikan bila kehadiran senyawa flavonoid di tanaman membuat mikroba segera mengirimkan sinyal tumbuh sekaligus ia aktif memperbanyak diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

97 − 90 =