Pemudik Motor Wajib Berbekal 2 Buah Ini

pisang

Sekitar 70% dari 5.013 kasus kecelakaan pada mudik 2012 berasal dari pemudik bersepeda motor. Salah satu pemicu kecelakaan itu adalah stamina pengendara motor yang menurun setelah menempuh perjalanan jauh.

Stamina yang menurun secara signifikan akan mengurangi konsentrasi pengendara yang berujung kepada kecelakaan lalu lintas. Masalah stamina tersebut dapat diminimalisir asalkan para pemudik berbekal 2 buah yang mampu dengan cepat memulihkan stamina yang menurun.

1. Pisang. Pisang memiliki jumlah energi cukup besar mencapai 136 kalori untuk setiap 100 gram. Nilai itu bahkan lebih besar ketimbang apel. Yang istimewa kemampuan pisang berubah menjadi sumber energi di tubuh terbilang cepat. Berbagai riset kesehatan membuktikan pisang lebih cepat diserap tubuh ketimbang nasi, roti, dan biskuit. Pantas bila para atlet banyak mengonsumsi pisang di saat jeda supaya energi di tubuh cepat pulih. Keunggulan lain pisang adalah banyak mengandung serotonin. Serotonin adalah sejenis hormon di tubuh yang mengawal mood, mengurangkan emosi negatif dan gelisah, meningkatkan konsentrasi, serta mengurangi stres.

2. Tomat. Tomat secara cepat mampu mengembalikan energi di tubuh. Hasil riset dari peneliti kimia di Yunani yang dipublikasi di dalam jurnal Food & Chemical Toxicology pada 2012 memperlihatkan konsumsi jus tomat yang kaya likopen bisa mendongkrak kembali kadar glukosa darah yang menurun akibat aktivitas olahraga, misalnya. Sudah begitu tomat banyak mengandung antioksidan yang berperan menangkal radikal bebas di tubuh akibat polutan seperti asap dari kendaraan bermotor.

Share and Enjoy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>