Perangkap Tikus Ampuh

perangkap-tikusKehadiran tikus memang menyebalkan. Tak hanya di rumah, tapi juga di pesawahan bahkan hingga kebun tebu. Kerugian akibat kehadiran hewan pengerat itu cukup fantastis.

Seperti dilaporkan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian pada 2011, ribuan tikus yang menyerang kebun tebu di Cirebon, Jawa Barat, menyebabkan gagal panen tebu seluas 1.500 hektar akibat banyak batang yang patah dan roboh.

Salah satu sistem untuk menangkap tikus telah dikembangkan petani padi di Yogyakarta. Sistem bernama Trap Barrier System (TBS) itu memakai perangkap bubu untuk menjebak tikus.

Tingkat efektivitas sistem tersebut mencapai 90% dan bisa diterapkan sejak awal penanaman hingga memasuki masa panen seperti padi. Desain alat sistem TBS cukup sederhana. Petani dapat membuatnya sendiri dengan cara membuat kandang berukuran 90 cm x 30 cm dari kawat ram. Bagian depan kandang diberi lubang yang memuat alat penjebak berbentuk kerucut yang  menjadi jalan masuk tikus.

bubu-tikus

2 Responses to Perangkap Tikus Ampuh

  1. avatar agus wahyana anggara

    TBS pada awalnya diteliti dan dikembangkan oleh Laboratorium Tikus, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi, Badan Litbang Kementan RI bekerja sama dengan ACIAR (Australia) sejak tahun 1995. Kolaborasi riset tersebutlah yang berhasil merakit dan mengembangkan TBS hingga seperti yang sekarang ini beredar dan banyak disitasi oleh bloger ataupun pemerhati pengendalian tikus. Dr. Agus W. Anggara, peneliti tikus BB Padi-Litbang kementan RI

    • Terimakasih bapak atas tambahan informasinya. Bila berkenan bapak dapat menulis mengenai hama tikus dan cara penanggulangan yang efektif di Bebeja.com agar menjadi edukasi dan sumber pengetahuan bagi petani dan pekebun. Besar harapan kami untuk hal itu. Bapak dapat mengemail ke bebeja.agribisnis@yahoo.com. Salam sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 − = 46