Pesona Tarian Ubur-Ubur

Populasi ubur-ubur pada sebagian besar ekosistem pesisir melonjak. Itu temuan para peneliti dari University of British Columbia (UBC). Kesimpulan riset yang dipublikasi dalam jurnal Hydrobiologia tersebut diambil setelah peneliti menguji data dari berbagai spesies ubur-ubur pada 45 dari 66 ekosistem perairan terbuka.

Persentase peningkatan populasi ubur-ubur tersebut mencapai 62% di berbagai lokasi seperti di kawasan Asia Timur, Laut Hitam, Laut Mediteranian, Tanjung Timur Laut Amerika, perairan Hawaii, dan Antartika. Meski demikian, riset itu juga mencatat penurunan populasi ubur-ubur sebesar 7% di sebagian kawasan barat pantai Amerika Selatan, barat Greenland, dan timur laut Jepang.

Kehadiran ubur-ubur acapkali dianggap menganggu berbagai aktivitas di laut seperti sengatan ubur-ubur pada perenang, menyumbat saluran pembangkit listrik, hingga menjadi gangguan saat penangkapan ikan, meski di sejumlah negara, ubur-ubur tersebut menjadi makanan, bahkan kini dimanfaatkan sebagai satwa hias akuarium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 2 =