Pijat Ambing Produksi Susu Naik

ambing-kambingIni yang dilakukan oleh Susatrio sejak pertengahan 2012. Peternak kambing peranakan etawa (PE) di Bekasi, Jawa Barat itu rajin memijat 6 betina PE secara bergantian sehari 2 kali, pagi dan sore hari.

“Setelah rajin dipijat produksi susu kambing meningkat sekitar 100-150 ml per hari,” kata ayah satu anak yang beternak kambing peranakan etawa sejak 2011 itu. Kebiasaan itu diterapkan meniru peternak besar susu kambing di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut Susatrio pemijatan yang berlangsung 5 menit itu dilakukan untuk membentuk dan memperbesar ambing. Pada ambing terdapat sel-sel sekretorik yang berfungsi menghasilkan susu.

Pada kambing yang tengah bunting, sel-sel itu berkembang dalam jumlah banyak. Semakin besar ambing, semakin banyak dihasilkan kelenjar penghasil susu. Pemijatan merangsang kelenjar ambing memproduksi hormon oksitosin dan prolaktin. Kedua hormon itu berperan mengatur produksi susu.

Yang diharapkan setelah dipijat ambing membesar dan membulat. Sebelum diperah, ambing dibasahi air hangat suam-suam kuku. Air hangat berfungsi melepaskan lemak yang menyumbat puting ambing. Kemudian, lakukan gerakan memijat memutar ke kiri dan ke kanan sambil mengusap, tapi agak ditekan. Pijatan itu dilakukan dengan dua tangan dan posisi seluruh jari tangan terbuka seperti memegang mangkuk.

Gerakan memijat diulang-ulang sampai air yang membasahi ambing turun perlahan-lahan dan mengering. Hasil pemijatan maksimal didapat pada kambing yang telah mengalami 2-3 kali laktasi. Itu karena kambing yang pernah beranak punya hormon esterogen aktif yang merangsang pembentukan ambing. Yang perlu diingat Kambing yang hendak dipijat pun harus sudah dipisahkan dari anaknya. Itu karena cara menyusu anak kambing dapat membuat puting induk memanjang, tetapi ambing tidak membesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 22 = 23