Pilih Buah Dekat Batang

buah1Ada yang menarik saat Bebeja.com mengunjungi kebun koleksi buah milik Mubing–nama disamarkan–di Bekasi, Jawa Barat. Aneka pohon buah seperti nangka, mangga, dan jambu air, seluruhnya berbatang pendek, maksimal 1 m. Tinggi batang utama pohon nangka, misalnya hanya 50 cm. Lebih ekstrim lagi pada mangga manalagi. Batang utama mangga itu seolah menjadi pangkal batang. Posisinya nyaris sejajar tanah.

Sedari awal penanaman Mubing benar-benar melakukan pemangkasan pada pucuk batang utama agar pertumbuhannya pendek. Hal itu meniru cara koleganya, pekebun jambu air di Taiwan. Cara itu tidak semata-mata mempermudah perawatan tanaman saja, tetapi yang terpenting pula kualitas dan ukuran buah menjadi lebih besar. Hal sama sudah dilakukan pekebun durian di Thailand. Lihat saja sosok durian monthong yang besar dan manis.

Sosok tanaman pendek, ringkas dan kompak memang membuat jarak antara ujung akar dengan ujung tajuk daun menjadi sangat pendek. Hal itu akan menguntungkan lantaran penyerapan unsur hara dan distribusi hasil fotosintesa tanaman dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Batang utama ibarat jalan utama yang mendistribusikan unsur hara dan hasil fotosintesa. Sebab itu semakin pendek batang, semakin cepat ia mendistribusikan nutrisi tanaman ke seluruh cabang.

buah3Cabang terdekat ke batang utama jelas akan memperoleh pasokan nutrisi lebih baik. Sebab ia pertama yang dilayani. Pantas buah yang muncul di cabang dekat batang utama secara kualitas dari ukuran dan rasa lebih baik.

Mangga yang dipetik dekat batang utama di tempat Mubing jauh lebih manis dan besar ketimbang yang buah muncul di ujung cabang. “Hasil sama juga terjadi pada nangka,” kata Mubing yang ┬ámempertahankan maksimal 2 buah pada satu cabang itu.

Cara lain memaksimalkan penyerapan nutrisi agar kualitas dan produksi buah optimal adalah dengan melakukan penyodetan pada pangkal batang. Penyodetan dilakukan dengan mengupas kulit batang selebar 1 cm hingga kambiun hilang.

Ketika luka sembuh, segera timbun bekas luka itu dengan tanah yang telah dicampur pupuk kandang. Dari bekas sodetan itu berikutnya akan tumbuh akar baru yang menjadi jalan pintas lain penyerapan nutrisi oleh tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 3