Pisang Kepok Gerecek Dari Kabupaten Kutai Timur

pisang-kepok-gerecekKabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur menyimpan sumber plasma nutfah pisang kepok yang istimewa. Dialah pisang kepok gerecek. Jenis pisang kepok hijau yang bermakna cantik tersebut berpenampilan memikat. Ukuran buah sepanjang 15-16 cm serta lebar 1,5-2 cm tampak merata pada setiap sisir.

Pisang kepok gerecek yang pertamakali ditangkarkan oleh Muhammad Nawir di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur itu bisa dipetik sejak umur 8-10 bulan pascatanam dari anakan. Jumlah buah dari pohon yang dapat setinggi 4-5 meter itu mencapai 16-18 buah per sisir dan jumlah sisir per tandan sekitar 9-12 sisir.

Keunggulan lain pisang kepok gerecek adalah citarasa manis legit. Harap mafhum derajat kemanisan pisang kepok yang berdaging buah putih kekuningan tersebut mencapai 20 briks. Derajat kemanisan itu bahkan nyaris setara lengkeng itoh.

Saat ini pisang kepok gerecek yang mempunyai rumpun induk berumur sekitar 5 tahun (Nomor regitrasi induk 22/A.Pi.Gc.2014/KTM/0/972/05/2014) sudah meluas penanamannya di Kabupaten Kutai Timur. Populasi tanaman mencapai 400 pohon/ha dengan total produksi mencapai 400-600 tandan atau setara 10-16 ton buah segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 6 =