Planted Tank Gaya Baru Akuarium

Planted tank sesungguhnya bukan konsep baru pada akuarium. Konsepnya adalah menghadirkan suasana perairan tawar di akuarium berukuran kecil yang mudah dipindah-pindahkan letaknya. Sebab itu isi planted tank sangat kuat dominasi tanaman air.

Kini ini planted tank kembali populer dengan gaya baru: penuh variasi ornamen pendukung seperti patung, batu, dan kayu. Bahkan di mancanegara tanaman air, salah satu komponen yang dipertahankan ada, benar-benar dihilangkan. Sebagai gantinya planted tank itu diisi kombinasi bebatuan dan ikan, meski dengan kondisi tersebut tidak bisa lagi disebut sebagai planted tank.

Perubahan besar planted tank yang terjadi memang pengurangan jumlah tanaman air. Sebelumnya jumlah tanaman air untuk planted tank berukuran 56 cm x 39 cm x 60 cm, misalnya, berkisar 15-20 tanaman. Dengan jumlah itu planted tank terlihat padat dan sesak.

Dengan cara baru jumlah tanaman air dibatasi antara 5-10 buah sehingga menimbulkan kesan lapang atau luas. Penambahan ornamen seperti batang kayu memiliki standar: ukuran tidak boleh terlalu besar atau paling gampang kehadirannya tidak terlihat mendominasi penampilan planted tank keseluruhan.

Konsep planted tank tersebut sejatinya sudah mengikuti konsep aquascaping. Bagian depan akuarium yang menjadi titik pandang utama dibiarkan lapang. Tanaman air bisa diletakkan sebagai latar belakang atau latar samping dinding akuarium. Oleh sebab itu planted tank telah menjadi miniatur aquascaping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 1