Plastik Dan Popok Jagung

plastik-jagungJagung tak cuma enak di lidah sebagai jagung rebus dan jagung bakar. Namun, jagung juga bisa enak melekat di tubuh. Kok bisa? Iya, pati jagung ternyata dapat diolah menjadi popok yang nyaman dikenakan oleh si upik. Harap mafhum plastik turunan tepung jagung itu istimewa lantaran mampu menyerap cairan 300 kali bobotnya.

Keunggulan itu masih ditambah sederet nilai lebih yakni tahan api dan berbobot ringan. Sudah begitu plastik jagung mudah diurai. Tidak seperti plastik biasa yang baru bisa terurai setelah ratusan tahun.

Jadi, jangan khawatir mencemari lingkungan ketika plastik tersebut dibuang. Bahan baku plastik jagung yang bernama polylastic acid (PLA) pun dimanfaatkan sebagai substitusi polyster. Negara-negara maju kini tengah gencar memanfaatkan PLA. Produk olahannya diminati lantaran memiliki stabilitas ultraviolet dan kilauan yang tinggi.

Saat ini di mancanegara plastik jagung juga menjadi incaran produsen kertas. Tepung jagung dimanfaatkan sebagai pengisi dan pelapis kertas. Jagung memang menjadi komoditas multifungsi, apalagi tepung jagung kini sudah diolah menjadi kanji yang amat dibutuhkan industri tekstil, sedangkan industri kayu dan kardus memakainya sebagai bahan perekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 7