Pohon Kersen Undang Burung

burung-perenjakIngin halaman atau pekarangan rumah didatangi oleh burung? Cobalah untuk menanam pohon kersen. Sejatinya setiap burung membutuhkan tanaman tertentu untuk hidup dan berkembang biak. Itu berkaitan dengan pola makan, membuat sarang, dan perilakunya.

Pohon kersen mampu mengundang banyak jenis burung lantaran memilik tajuknya rindang-cocok sebagai tempat berteduh burung saat panas matahari menyengat-juga menyediakan beragam pakan.

Buahnya yang manis disukai kutilang dan grojogan, sedangkan daunnya yang dihuni serangga dan ulat kecil menjadi sumber pakan bagi burung perenjak dan ciblek mendapatkan pakan.

Pada pohon kersen juga tumbuh benalu. Benalu efektif mengundang burung-burung madu dan cabe jawa untuk mengisap madu serta mencicip buah yang manis. Kersen dan benalu tersedia sepanjang musim sehingga burung terus-menerus ada. Meski demikian daun kersen, terutama pada musim kemarau, mudah rontok, sehingga di bawah tajuknya harus sering dibersihkan.

Pekarangan rumah di perkotaan umumnya ditanami jenis tanaman yang sangat terbatas dan dipertahankan pendek seperti belimbing, mangga, srikaya, jambu air, dan plumeria. Dengan kondisi tersebut hanya burung-burung tertentu seperti perenjak, gereja, atau ciblek tertarik datang. Itu pun hanya untuk berburu pakan, tidak untuk membuat sarang. Burung tetap membutuhkan rasa aman untuk bersarang sehingga ia akan memilih pohon tinggi minimal 3 meter supaya sarangnya tidak diganggu.

Banyak tanaman yang dapat memancing burung tinggal di sekitar pemukiman perumahan. Misalnya akasia, beringin, petai cina, dadap, dan trembesi. Pohon-pohon itu penghasil serangga pakan burung sekaligus tempat bersarang.

Di luar itu masih ada bambu hias, gelodokan tiang, bunga tanjung, cemara, bintaro, dan tanaman hias seperti helikonia. Pohon kelapa juga dapat mendatangkan burung seperti burung jalak. Pohon kelapa disukai karena di sana sang jalak dapat membuat sarang nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

67 − = 58