Produksi Telur Antikanker

tomat2Para peneliti dari Rural Development Administration (RDA) di Korea Selatan berhasil mengembangkan telur yang mengandung zat antikarsiogenik alias antikanker. Caranya mereka memasukkan pigmen likopen dari tomat Lycopersicum esculentum pada pakan ayam petelur.

Riset Sanjiv dan Rao tentang khasiat likopen seperti tertuang dalam Canadian Medical Association Journal Volume 163 (6) pada 2000 membuktikan pigmen likopen memiliki kemampuan meredam oksigen tunggal dua kali lebih baik daripada betakaroten dan sepuluh kali lebih baik daripada alfatokoferol.

Likopen tersebut berperan sebagai antioksidan dan berpengaruh dalam menurunkan resiko berbagai penyakit kronis termasuk kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker ovarium.

Para peneliti dari Rural Development Administration memanfaatkan tomat-tomat apkir yang tidak lolos sortir seperti rusak atau terlalu matang. Tomat-tomat itu dikeringkan lantas dibuat menjadi tepung. Sebanyak 25 gram tepung tomat itu selanjutnya dicampurkan dengan 1 kg pakan ayam.

tomat1Riset itu memperlihatkan ayam yang rutin mendapat pakan mengandung likopen, rata-rata akan memiliki 43 mikrogram kandungan likopen di telur. Kehadiran likopen juga dapat menambah ketebalan kerabang sehingga bisa mengurangi kerusakan telur saat pengangkutan.

Peneliti dari Rural Development Administration yakin bila temuan itu mudah dipraktekkan oleh peternak sehingga mereka dapat memproduksi telur antikanker yang otomatis akan meningkatkan nilai tambah telur itu seperti sudah terjadi pada telur omega 3 dan 6.

Untuk mendukung temuan itu, dua institusi yakni The National Institute of Animal Science dan Gyeongnam National University Science & Technology saat ini berupaya mengembangkan teknologi tepat guna agar peternak mudah memproduksi pakan ayam mengandung likopen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 2 =