Rahasia Capsaicin Cabai

Cabai merah maupun cabai rawit mengandung senyawa capsaicin dan dihidrocapsaicin yang memberikan rasa pedas. Capsaicin ternyata memiliki khasiat penting seperti menstimulasi detektor panas dalam kelenjar hypothalmus di otak sehingga memberikan efek sejuk meskipun berada di udara yang panas.

Berbagai riset memperlihatkan capsaicin dapat melindungi sel trachea, bronchial, dan bronchoconstriction dari paparan zat atau senyawa berbahaya seperti asap rokok dan polusi udara. Sebab itu pula capsaicin sangat baik bagi penderita asma dan hipersensitif udara.

Capsaicin telah dimanfaatkan pula dalam pembuatan krim obat gosok antirematik. Selain itu capsaicin di cabai diketahui mengandung zat mukokinetik. Zat tersebut dapat mengatur, mengurangi, bahkan mengeluarkan dahak atau lendir dari paru-paru.

Oleh karena itu, cabai dianjurkan dikonsumsi oleh penderita bronchitis, sinusitis, dan asma untuk mengeluarkan lendir. Hal penting lainnya adalah berpotensi menurunkan berat badan penderita obesitas alias kegemukkan yang telah menjadi pandemi di dunia kesehatan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 6 = 4