Rambut Rontok? Cegah Pakai Kopi

kopiRambut rontok memang masalah bagi Seno Aryadi di Pondokgede, Jakarta Timur. “Agak mengurangi kepercayaan diri,” ujar pria 34 tahun yang mengalami kerontokan sejak awal 2013 itu.

Pun Irma Damayanti di Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur. “Semula dianggap biasa, tapi keseringan jadi takut juga,” tutur ibu 2 putri tersebut. Seno dan Irma berupaya mengatasi kerontokan itu dengan rajin memakai hair tonic penyubur rambut.

Sejatinya selain lidah buaya Aloe vera yang berkhasiat menyuburkan rambut, masih ada alternatif lain yang mudah diperoleh, yakni kopi. Kafein pada kopi ternyata manjur sebagai obat alami penyubur rambut. Itu sudah dibuktikan oleh Agusman di Solo, Jawa Tengah.

Pria 38 tahun itu didera rambut rontok pada 2015. Namun kini mahlota kepala itu mulai jarang rontok bahkan tumbuh subur setelah saban 2 hari selama 4 bulan rajin menggosokkan kulit rambut memakai ampas kopi. “Ampas kopi langsung digosok di kulit kepala lalu didiamkan sekitar 30 menit sebelum dibilas air,” ujar pehobi burung berkicau itu.

Kafein pada kopi berdasarkan riset TW Fischer dari Friedrich Schiller University di Jerman yang dipublikasi di International Journal of Dermatology pada 2007 menyebutkan kafein pada kopi dapat merangsang folikel rambut tumbuh yang terhambat akibat berkurangnya hormon testoteron, terutama pada pria. Penelitian itu juga memaparkan kafein bisa memperkuat akar rambut sekaligus mencegah rambut kusam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 9 =