Ramu Pupuk Anggrek Dendrobium

Anggrek dendrobium memerlukan pemupukan pada setiap fase pertumbuhan, yakni fase praremaja (pertumbuhan), remaja, dan dewasa (pembungaan). Setiap fase pertumbuhan tersebut mempunyai kriteria jenis pupuk yang dapat dibuat sendiri.

1. Fase praremaja (pertumbuhan). Pada fase ini anggrek dendrobium memerlukan pupuk NPK dengan kadar nitrogen tinggi. Pupuk NPK seperti ini dapat dibuat
dengan cara melarutkan 0,6 gram Urea dan masing-masing 0,1 gram KCl dan TSP ke dalam 1 liter air. Semprotkan tipis-tipis pada daun setiap 10-12 hari sekali.

2. Fase remaja. Pada fase ini ketiga unsur NPK harus seimbang. Cara membuatnya sama seperti pada fase praremaja, dengan komposisi campuran masing-masing 0,3 gram Urea, KCl, dan TSP. Semprotkan setiap 10-12 hari sekali.

3. Fase dewasa (pembungaan). Fase ini berlangsung setelah tanaman menginjak umur 2 tahun. Saat itu tanaman memerlukan NPK dengan kadar fosfor tinggi. Komposisi pupuk itu menjadi masing-masing 0,1 gram Urea dan KCl serta 0,6 gram TSP. Interval waktu penyemprotan menjadi 5-7 hari sekali.

2 Responses to Ramu Pupuk Anggrek Dendrobium

  1. Dari pengalaman kami, ada pupuk yang lebih simpel yakni menggunakan pupuk cair seprint, dosis 1 sendok makan per 2 liter air, semprotkan ke daun dan batang setiap pekan sejak umur anggrek muda sampai berbunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =