Remaja Perlu Tidur 8,5 Jam Sehari

remaja-perlu-tidur-85-jamBeban pelajaran maupun pergaulan yang mendorong munculnya rasa cemas hingga depresi pada remaja bisa ditekan dengan cara enak: tidur 8,5 jam sehari.

Itulah riset Prof Tsukasa Sasaki dari University of Tokyo’s Graduate School of Education di Jepang. Tsukasa meneliti kebiasaan hidup dan kondisi psikologis dari 18.000 remaja di 2 prefektur (setara kabupaten, red) di Mie dan Kochi.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa remaja harus tidur selama sekitar 8,5 jam untuk mengatasi kecemasan dan depresi,” kata Sasaki seperti dilansir Asahi Shimbun (4/11/2016). Hasil itu diperoleh setelah Tsukasa dan tim menilai sejumlah parameter, yakni kemampuan untuk berkonsentrasi, tingkat stres, tujuan hidup, serta lainnya.

Riset menguak bila remaja pria yang tidur rata-rata sekitar 8,5-9 jam ternyata memiliki risiko terendah depresi. Berbeda dengan remaja perempuan yang umumnya memiliki waktu tidur 1-1,5 jam lebih pendek. Itu sebabnya kaum hawa lebih rentan mengalami depresi dan rasa cemas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

71 + = 81