Resep Berkebun Pepaya Kalifornia Organik

pepaya-california2Pepaya kalifornia di lahan 1.500 m2 milik Ebod di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu tumbuh subur. Setiap tanaman berumur rata-rata 15 bulan itu disesaki 10-20 buah siap petik dan mulus.

Ebod mengebunkan pepaya kalifornia itu secara organik. Organik yang dilakukan ayah 2 anak itu dengan memakai pupuk organik, yakni pupuk kandang ayam dan kambing matang fermentasi.

Sejatinya budidaya pepaya secara organik pernah dianggap sulit lantaran kemampuan tanaman menyerap nutrisi dari pupuk organik sangat lambat dibandingkan pupuk kimia. Belum lagi kehadiran hama dan penyakit seperti cendawan Colletotricum sp, thrips Thrips parvispinus, dan kutu putih.

Bagi Ebod ancaman hama dan penyakit itu dapat teratasi memakai pestisida alami yang aplikasinya berdasarkan pengalaman pekebun lain, masih di Kabupaten Bogor. Ebod akan meramu 5 kg kapur pertanian dengan 4 potong umbi gadung Dioscorea hispida, dan masing-masing 25-30 siung umbi bawang putih Allium sativum serta bawang merah Allium cepa serta 1 gelas urine kelinci.

pepaya-california3Kapur dihaluskan kemudian dilarutkan dalam 10 liter air dan diendapkan selama semalam. Larutan kapur tersebut berfungsi sebagai fungisida. Bahan-bahan lain dihaluskan lantas ditambahkan 2 gelas air kemudian diperas. Ekstrak tersebut lantas dicampurkan bersama urine kelinci ke dalam larutan kapur.

Ebod menuturkan, ramuan itu dapat disemprotkan bila tanaman menunjukkan gejala sakit. Namun sebagai tindakan preventif atau pencegahan, Ebod menyemprotkannya pada tanaman setiap 7-8 hari sejak tanaman menginjak umur 4,5 bulan. Dosisnya 1 gelas dicampurkan 10 liter air untuk populasi sekitar 50-60 pohon.

Pemupukan Pepaya Kalifornia Organik:
1. Pemberian pupuk dilakukan bertahap. Sebagai pupuk dasar, berikan 5 kg kotoran ayam yang dicampur tanah bekas galian lubang tanam ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. Setelah itu dibiarkan 1-2 hari sebelum bibit pepaya kalifornia umur 1,5 bulan siap dipindah dari media semai.

2. Pemberian pupuk organik susulan berupa 1 kg kotoran ayam dilakukan saat tanaman berumur 3 hari dan 2 kg pada umur 15 hari. Pemberian itu penting di awal pertumbuhan karena pupuk kotoran ayam mengandung nitrogen tinggi. Saat tanaman berumur 45 hari, 60 hari, dan 80 hari, berikan pupuk kotoran kambing yang kaya fosfor dan kalium dengan takaran masing-masing 20 kg, 30 kg, dan 40 kg per tanaman.

3. Menginjak umur 6-7 bulan, pepaya sudah siap dipanen. Nah bila pada pohon terdapat 20 buah, panen pertama dilakukan dengan memetik 1 buah setiap pekan selama 20 minggu. Begitu tersisa 1-2 buah di pohon, berikan tanaman pupuk kotoran kambing dengan takaran 35-40 kg per tanaman. Pada umur 13 bulan, lakukan lagi panen buah tahap kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

42 − 37 =