Resep Pakan Sapi Juara

sapi-baliBerapa bobot sapi jantan umur 2 tahun? Rata-rata bobotnya berkisar antara 260-300 kg. Namun sapi milik Ng Warta asal Bali yang pernah menjadi juara Kontes Ternak Nasional pada 2010 dapat mencapai bobot 419 kg. Bahkan sapi bali milik Wayan Suwindia asal Kabupaten Tabanan dapat mencapai bobot hingga 429 kg.

Selain faktor genetik, pemberian pakan menjadi salah satu kunci. Apa resep pakannya?

Sapi jantan milik Ng Warta dapat berbobot besar lantaran mendapat pakan istimewa. Pakan itu berupa pakan hijauan 3 kali sehari yang dikombinasi dedak.

Nah setiap hari sapi jantan itu mengonsumsi 3 kg dedak yang dilarutkan terlebih dahulu ke dalam 10 liter air bekas cucian beras. Sebelum diberikan campuran dedak dan air cucian beras itu dimasak hingga mendidih. Baru 15-20 menit setelah dingin, campuran itu dapat diberikan pada sang sapi.

Resep lain adalah memberikan campuran pakan dedak dan singkong, selain pakan hijauan. Nah air minumnya diberi campuran garam dan molases alias tetes tebu. Hasilnya? Seekor sapi brangus milik peternak di Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang diberikan kompoisis pakan tersebut dapat bisa mencapai bobot hingga 900 kg pada umur 2,5 tahun. Perlakuan pakan itu berlangsung sejak sapi brangus berumur satu tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

82 − = 74