Resep Ramuan Organik Lele

pisangSyadati, peternak lele di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang melakukan budidaya lele organik sejak medio 2015 mengungkapkan, resep membuat ramuan organik untuk fermentasi serta menjaga kualitas air dengan menguraikan bahan organik dari sisa pakan dan kotoran tidak sulit. “Bahannya mudah diperoleh oleh peternak,” ujarnya.

Setidaknya terdapat 13 bahan untuk ramuan organik itu seperti kiambang, pisang hingga minuman probiotik. Modal untuk penyediaan bahan-bahan itu sekitar Rp400.000.

Setelah ramuan organik tersebut siap pakai, peternak dapat memperbanyak ramuan itu. “Dari setiap liter ramuan dapat diperbanyak hingga 15 kali lipat,” katanya. Itu artiya dengan 1 liter, bisa dibuat lagi 15 liter ramuan organik dengan kualitas setara.

Membuat Ramuan Organik

Bahan: Kiambang Azzola pinnata 1 kg (kiambang dijumpai di sawah), 6 buah pisang, 1 buah nanas, 1 ikat kangkung air (batang dan akar), 0,5 liter yoghurt, 5 botol minuman probiotik (yakult), 1/4 kg usus ikan (mas atau nila, atau mujair), 1 kg gula merah, 4 butir ragi tapai, 5 liter air kelapa, cangkang dari 4 kepiting berukuran sedang, 3 sendok makan ragi roti, dan 5 liter air.

Cara Buat Ramuan Organik

1. Haluskan kiambang, pisang, kangkung air, dan nanas.

2. Haluskan usus nila dan kepiting dengan cara memblender.

3. Larutkan gula merah dalam 5 liter air mendidih, biarkan sampai dingin.

4. Campurkan semua bahan, aduk selama 3-5 menit.

5. Simpan dalam jerigen selama 14 hari.

6. Kocok larutan setiap 2-3 hari selama 5 menit.

Cara Pakai 

1. Fermentasi pakan, larutkan 10 ml ramuan organik dalam 20 liter air.

2. Pengurai bahan organik di kolam, Siram 1 gelas mineral ramuan organik

Cara Perbanyak Ramuan Organik

Ramuan organik 1 liter, 1 kg gula merah, 5 liter air kelapa, 5 botol minuman probiotik (yakult), 2 kg dedak yang dimasak dengan 3 liter air lalu diambil air rebusannya. 1 sendok makan terasi mentah.

Seluruh bahan dicampur hingga homogen dan ditaruh dalam jerigen selama 14 hari. Buka setiap 2-3 hari selama 5 menit. Ramuan berhasil bila beraroma wangi tapai. Larutan bisa disimpan selama 1 tahun ditempat sejuk. Secara berkala setiap 2 bulan berikan 1 kg gula merah yang dicairkan (bila disimpan dalam jangka lama).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

63 + = 72