Resep Tuntaskan Batu Empedu

apelWijaya (51 tahun) di Tangerang, Provinsi Banten dan Nani Setiaji (42 tahun) di Utankayu, Jakarta Timur memiliki kebiasaan serupa: menyukai konsumsi makanan berlemak dan gorengan.

“Sudah jadi santapan sehari-hari,” ujar Nani. Hal sama dilakukan Wijaya, terutama menjelang tidur malam. Walhasil dengan pola makan itu, keduanya menderita obesitas alias kegemukkan: Nani (78 kg) dan Wijaya (89 kg).

Semua berjalan normal hingga keduanya didera kesakitan pada sebelah kanan atas perut ke arah punggung. “Tubuh mudah berkeringat, mual, dan mudah lemas,” ujar Wijaya.

Singkat kata, pehobi tanaman buah itu perlu menjalani ultrasonografi pascakonsultasi dokter. Hasilnya? biang keladi kesakitan Wijaya adalah 2 batu berukuran 1-1,5 cm yang menggantung di dalam kantong empedu. Pun Nani yang memiliki sebuah batu berukuran 2 cm. Keduanya menolak operasi yang disarankan dokter.

minyak-zaitunSejatinya batu empedu atau batu kolesterol tersebut dapat terjadi karena endapan kolesterol (warna kuning), pigmen bilirubin (kehitaman), dan garam kalsium (kecokelatan). Persentase endapan kolesterol paling dominan di atas 80%. Pemicu batu kolesterol tersebut antara lain kebiasaan menyantap makanan berlemak.

Kehadiran batu empedu itu otomatis dapat menghambat aliran empedu yang ditandai rasa sakit seperti dialami Wijaya dan Nani. Jika kondisi parah, batu empedu itu bahkan menyebabkan peradangan dan mengganggu sistem pencernaan secara keseluruhan karena boleh jadi pecahan batu empedu itu menyangkut di hati serta menyumbat saluran empedu. Yang disebut terakhir akan menimbulkan rasa sakit hebat.

Kesembuhan Wijaya dari batu empedu diperoleh setelah mendengarkan dan menjalani nasehat sang nenek. Bahan yang dipakai itu mudah diperoleh dengan harga terjangkau. Berikut resep yang dipakai Wijaya.

Resep Mengeluarkan Batu Empedu

Bahan: Sari buah apel atau apel segar, garam inggris (epsom salt), minyak zaitun (olive oil), dan sari jeruk

Cara pemakaian:

banner-daun-alpukat1. Pada hari ke-1 hingga ke-5,  minum 4 gelas sari buah apel berbeda waktu setiap hari. Pilihan lain dengan konsumsi 4-5 apel segar. Apel berkhasiat melembutkan batu empedu. Konsumsi sari buah apel atau apel segar sebaiknya 40-60 menit sebelum makan. Selama masa ini makanlah seperti biasa.

2. Pada hari ke-6, selepas pukul 17.00 tidak mengonsumsi makanan. Pada pukul 18.00, konsumsi satu sendok teh garam inggris yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Pada pukul 20.00, ulangi hal sama. Garam inggris akan membuat lentur pembuluh-pembuluh darah di kandung empedu.

3. Pukul 22.00 buatlah minuman di cangkir yang separuhnya berisi minyak zaitun (olive oil) dan sisanya sari jeruk untuk penghilang mual. Aduklah rata sebelum dikonsumsi. Minyak zaitun berfungsi untuk melumasi batu empedu sekaligus akan membuat batu empedu lancar keluar saat buang air besar pada esok harinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

70 + = 76